Saturday, September 10, 2016

Selamat Hari Raya Idul Adha

(gbr diambil dr fb Dr Raehanul Bahraen)

"SETIAP KITA ADALAH IBRAHIM"

Setiap kita adalah 'IBRAHIM' dan setiap Ibrahim punya 'ISMAIL'.....
Ismailmu mungkin 'HARTAMU',
Ismailmu mungkin 'JABATANMU',
Ismailmu mungkin 'GELARMU',
Ismailmu mungkin 'EGOMU',
Ismailmu adalah sesuatu yg kau 'SAYANGI' dan kau 'PERTAHANKAN' di dunia ini....
Ibrahim tidak diperintah Allah untuk membunuh Ismail, Ibrahim hanya diminta Allah untuk membunuh rasa 'KEPEMILIKAN' terhadap Ismail.
Karena hakekatnya semua adalah milik Allah...
Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menganugrahkan KESHALIHAN Nabi Ibrahim dan KEIKHLASAN Nabi Ismail kepada kita semua, agar kita bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita...,
Jangan rendahkan dan hinakan orang lain dengan harta, jabatan dan gelarmu...
Karena di hadapan Allah hanya ketaqwaan kita yg diterimaNya...

🌟Selamat menyambut datangnya hari raya Idul Adha🌟

 Waktu sy berusia 22th, ingin rasanya menikah di usia 24. Rasa ingin menikah yg sangat menggebu-gebu. Kenalan dg si a, dikenalin mr b trus ktmu c. Sampai usia 30th sudah ada pergelaran acara lamaran secara sederhana, dimana pihak calon suami sdh dtg lengkap keluarga besarnya. Sudah diputuskan jg untuk menikah di th 2011. Namun manusia boleh banyak berencana, Alloh jg yg menentukan. Pernikahan tidak digelar dan lumayan shock jg. Padahal udah beli seserahan. Alhamdulillah 2bln after hari shokcing soda jalan-jalan ke Medan selama 1 minggu, muter2 Medan danau toba, masuk hutan bukit lawang pokonya seru sampe bisa ilangin rasa sedih itu. Ihh biasa aj dink. Sy jg berencana utk imroh di th ini. Masya alloh ingin rasanya bercengkrama di hadapan ka'bah. Tawaf...sholat di masjidil haram. Deal. Sy sdh merasa sy akan berkorban utk umroh dg tabungan sy. Di sinilah Alloh mendatangkan seorg pria yg nantinya akan menjadi imam bagi sy n anak2 sy. Masya alloh. Beliau dtg ke kantor. Bertemu beberapa kali dg paman jg tante sy (wkt itu sy tinggal dirmh tante ninik yg super baik, smg kebaikkan tt ninik dibalas Alloh dg kebaikkan yg banyak, aamiin. Kenal 3bln langsung khitbah, dan 3 bln jg sy harus mempersiapkan acara pernikahan secara sederhana. Karena kami tidak ingin merepotkan orang tua jdlah tabungan kami berdua dimanfaatkan. Termasik tabungan utk umroh jd sy gunakan utk tambah1 acara itu. Alloh belum memberikan Qada-Nya utk sy pergi umroh namun Alloh berkehendak lain, sy utk menikah. Masya Alloh. Yaa Alloh...bertambahlah rasa sayang n cintaku pada-Mu. Engkau Maha Tau apa yg terbaik, kpn waktu yg terbaik n segala sesuatu telah Engkau atur dg indahnya.
Sy yakin untuk setiap apa yg kita korbankan..Alloh akan berikan apa yg menjadi hajat qt. Sudah berapa banyak terjadi dlm hidup qt tanpa qt sadari....
Banyak teman sy yg mengalami hal yg serupa. Semakin yakin akan kekuasaan Alloh,..selamat hari raya idul adha, smg apa yg qt korbankan dpt bermanfaat dan pd akhirnya dpt menambah berat timbangan amal kebaikkan qt kelak di akhirat nanti. Aamiin


Monday, September 05, 2016

Judulnya menantang arus

Hari ini tgl 5 September, hari dimana Hideo lahir ke dunia. Tapi seperti hari-hari biasa lainya, nothing special, tak ada kue tart, hadiah, doa atau balin dan simbol2 ulang tahun lainya. Sebetulnya kebudayaan mengucapkan selamat ulang tahun, teramat melekat di keluarga besar sy tp Alhamdulillah setelah ngobrol dg Nadira ponakanku yg semakin salihah jd makin melek. Ingin rasanya mengingatkan saudara2 yg masih menganut kebudayaan ini...hhmmm gmn yaa caranya yg ok tp mereka mau ikutan melek??
Ada artikel dari fb nya rara, ini udah dr berbagai sumber yaa.

Tak ada satupun dalil/bahkan isyarat dlm al-Qur'an maupun Hadist.
Tradisi ulangtahun sm sekali tidak memiliki akar sejarah dalam islam. Kalaupun kemudian ada orang yg berargumen bahwa dgn diperingatinya Maulid Nabi hal itu menjadi dalil bhwa ulangtahun boleh dirayakan, mk ini adlh argumen yg salah.

Rasulullah sendiri tak prnh mengajarkan kpd kita melalui hadisnya untuk merayakan maulid Nabi. Maulid Nabi itu bukan untuk diperingati, tapi tadzkirah, alias peringatan. jika qt baca buku tarikh Islam, disitu ada catatan bahwa Sultan Shalahuddin al-Ayubi amat prihatin dgn kondisi umat Islam pada saat itu.Dimana bumi Palestina dirampas oleh Pasukan Salib Eropa. Shalahuddin menyadari bhw umat ini lemah&tidak berani melawan krn mrka sdh kena penyakit wahn (cinta dunia&takut mati). Mereka begitu krn mengabaikan slh satu ajaran Islam, yakni jihad. Bahkan ada diantara mereka yg tidak menyadari akan perjuangan Rasulullah&para sahabatnya.
Untuk menyadarkan kaum muslimin ttg pentingnya perjuangan, Shalahuddin menggagas ide tersebut,yakni tadzkirah thd Nabi yg kemudian disebut maulid Nabi.Tujuan intinya mengenalkan kmbali perjuangan Rasulullah dlm mengembangkan Islam ke seluruh dunia.Singkat cerita,kaum muslimin saat itu sadar dgn kelemahannya&mencoba bangkit. Akhirnya, berkobarlah semangat jihad dlm jiwa kaum muslimin & Palestina pun kembali ke pangkuan Islam.

Hiii. Sudah jelas kan perayaan dan peringatan ulangtaun ini budaya siapa dan kaum yang mana?
Masih mau diikuti?
Rasulullah tak prnh sekalipun merayakan & mengucapkan selamat kpd sahabat/keluarganya pd hari lahirnya.

Ta ada satupun dalil,sejarah,kisah,bahkan isyarat dari Beliau terkait hari kelahiran.

Justru sebaliknya.

Bnyk sekali ayat dlm Qur'an jg hadist ttg keharusan seorang mukmin mengingat hari kematiannya.

Salah satunya:
“Perbanyaklah mengingat sesuatu yg melenyapkan segala macam kelezatan(yaitu kematian).” (HR. At-Tirmidzi)

Berapa bnyk org yg slalu bergembira dgn datangnya hari lahir mereka,tp tak prnh sedikitpun mengingat hari kematiannya.

Ya.
Memang sulit meninggalkan hal2 yg sdh lumrah saat ini.
Tapi begitulah kenyataannya dear :) Simak sabda Rasulullah sallallahu 'alaihi wassallam berikut: “Islam dimulai dlm keadaan asing&akan kembali asing sebagaimana awalnya,maka thuuba (beruntunglah) orang2 yg asing.” (HR Muslim).

"Tapi kata ustadz/ah ini, boleh&sah2 aja ka"
Dgn statement apapun & siapapun yg berkata TANPA DALIL SHAHIH,
Maka statement tsb hnya statement dr hawa nafsu semata.
Ustadz bukanlah manusia tnpa khilaf&tanpa dosa,
Sedang Rasulullah adlh manusia sempurna & semua perkataannya adlh kebenaran.
Beliau adl panutan qt.
Bukan ustadz,apalagi artis :)
Mmg manusia bs ber ijtima,tp ijtima yg bertolak belakang dgn sabda Rasulullah apa judulnya?

Beramal dgn ilmu itu penting,
Walau terlihat ibadah,
Tp jk tak sesuai dgn syariat, jadinya salah.
Walau terlihat lbh cinta jg rindu pd Allah, shalat dhuhur tnpa ilmu, bisa jd 10 Raka'at kan? :)
Islam itu sempurna,
Rasulullah menyampaikan SyariatNya scr sempurna,
Jgn ditambah2.
Berhijab krn apa?
Karena ada dalilnya kan?
Nah yg ini juga sdh ada dalilnya,
Artinya wajib ditinggalkan. :)
Lalu bgmana seharusnya sikap mukmin dlm menghadapi hari ulangtahun?
Adlh dgn tdk mengadakan perayaan khusus, biasa2 saja & menghindari perayaan itu. Mensyukuri nikmat Allah berupa kesehatan, kehidupan,usia yg pnjg,seharusnya dilakukan setiap saat bkn setiap tahun. Juga ta prlu dilakukan dgn ritual/acara khusus, Allah Maha Mengetahui yg nampak & yg tersembunyi di dlm dada. .
Dmikian jg mengoreksi apa yg kurang&yg perlu ditingkatkan dari diri qt shrusnya mnjd renungan harian, detik namun bkn renungan tahunan.

Artikel lainya:

TADZKIRAH :

Ternyata Mengucapkan Selamat ULANG TAHUN ada dalam
.INJIL MATIUS 14 : 6 ,
 .INJIL MARKUS 6 :21 dan
.INJIL KEJADIAN 40:20

Mungkin kurangnya pengetahuan kita mengenai "kebersihan Aqidah", masih banyak ummat Islam yang mengikuti ritual paganisme ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan para ustadz dan ustazdahpun ikut merayakannya dan terjebak di dalamnya. Apalagi gencarnya media televisi dan media massa lainnya mempublikasikan seremonial yang terkadang dilakukan oleh beberapa da'i muda atau yang bergelar ustadz [setengah artis, katanya sih !]. Ditambah lagi kebiasaan ini sudah rutin dan bahkan menjadi hal yang seakan-akan wajib apabila ada anggota keluarga, rekan atau sahabat yang tepat tanggal lahirnya.
Dan tak kurang kelirunya sejak di Taman Kanak-Kanak dan SD sudah diajarkan secara praktek langsung bahkan ada termaktub dalam buku-buku kurikulum mereka.
 Wallahu a'lam.
Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua.

🐝Selengkapnya buka link berikut : http://hijrahdarisyirikdanbidah.blogspot.com.au/2010/06/ternyata-ulang-tahun-ada-dalam-injil.html?m=1



وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا
🐝Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, pengelihatan, dan hati, semuannya itu akan diminta pertanggung jawabannya.
(QS. Al-Isra’:36)

🐝"... dan kamu mengatakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikitpun juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal pada sisi Allah adalah masalah yang besar."
(QS. an-Nuur: 15)

🐝Janganlah kita ikut-ikutan, karena tidak mengerti tentang sesuatu amalan.

🐝Ini penjelasan Nabi tentang sebagian umatnya yang akan meninggalkan tuntunan beliau dan lebih memilih tuntunan dan cara hidup diluar Islam. Termasuk juga diantaranya adalah peringatan perayaan ULTAH, meskipun ditutupi dengan label SYUKURAN, SELAMATAN atau ucapan selamat MILAD yang seakan-akan kelihatan lebih Islami.

Ingatlah ! Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah.


مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ
🐝“Barangsiapa beramal dengan suatu amalan yang "tidak ada perintah dari kami padanya" maka amalan tersebut TERTOLAK (yaitu tidak diterima oleh Allah).” [HR. Muslim]


🐝Rasulullah, para sahabat, tabi'in dan tabiut tabi'in adalah orang yang PALING MENGERTI AGAMA ISLAM. Mereka tidak mengucapkan dan tidak memperingati Ulang Tahun, walaupun mungkin sebagian manusia menganggapnya baik.

🐝Pahamilah "Kaidah" yang agung ini;


لو كان خيرا لسبقون اليه
"Lau Kaana Khairan Lasabaquuna ilaihi"
SEANDAINYA PERBUATAN ITU BAIK, MAKA RASULULLAH, PARA SAHABAT, TABI'IN DAN TABIUT TABI'IN PASTI MEREKA LEBIH DAHULU MENGMALKANNYA DARIPADA KITA. Karena mereka paling tahu tentang nilai sebuah kebaikan daripada kita yang hidup di jaman sekarang ini.


🐝Jika kita mau merenung, apa yang harus dirayakan atau disyukuri karena BERKURANGNYA usia kita? Kan semakin dekatnya kita dengan KUBUR?
SUDAH SIAPKAH kita untuk itu?

🐝Allah berfirman

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri MEMPERHATIKAN apa yang telah diperbuatnya UNTUK HARI ESOK (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
 (QS. Al-Hasyr: 18)

🐝Seorang muslim dia dituntut untuk MUHASABAH setiap saat, karena setiap detik yang dilaluinya TIDAK akan pernah kembali lagi sampai nanti dipertemukan oleh ALLAH pada hari penghisaban , yang tidak ada yang bermanfaat pada hari itu baik anak maupun harta kecuali orang yang menghadap ALLAH dengan membawa hati yang ikhlas dan amal yang soleh.

🐝Jadi, alangkah baiknya jika tradisi ini kita buang jauh-jauh dari diri kita, keluarga dan anak-anak kita dan menggantinya dengan tuntunan yg mulia yang diajarkan oleh Rasulullah.
Saling Berwasiatlah Dalam Kebenaran.
Wallahu a'lam bisshawab.

Seandainya qt dlu dijajah sama org arab, assiik banget krn akan banyak sunnah rasul yg melekat pd diri qt bukan dijajah kompeni...jd aj warisan kebudayaan aneh2 yg melekat. Tinggal qt nya aj yaa yg bisa mengambil sikap. Kalo sy sendiri tinggalkan!!! Inshaa alloh smg bisa istiqomah, aamiin

Daah ah ngobrolin ttg menantang arusnya. Hari senin besok hari raya idul adha alangkah baiknya jk qt sdg sehat dapat menjalankan saum or puasa arafah yaa. Hari ahad, 9 dzulhijah dan jgn lupa ikut qurban yayaya. Diniatkan utk berqurban ikhlas hanya mengharap ridha alloh semata. Aamiin

Daah 20.48 hideo ngajak tdr, setelah sy sambi hihii. Senangnya maen2 di tenda ya dek. Kemaah kemaah. Mama nya sesekali aj ngajak ngobrol. Besok hari selasa,...inshaa alloh harus lebih baik dari hari ini dan kemariiin.




Friday, August 19, 2016

Alloh,....aq ingin kembali

Aku merasa jiwaku entah kemana, senyap ... tiada apa-apa. Tetes-tetes menggantung enggan keluar. Kemana ruh ini melayang? Aku tak tau. Semakin dia terbang
Alloh memanggil...sedang aku masih ada di separuh dunia. Aku mendua. Cintaku hanya sepotong tak utuh. Pantaskah aku mendapatkan cinta-Nya yang utuh? 
Yaa Alloh...terima kembali cintaku utuh hanya untuk-Mu
Alloh tekadku kini. Menghadapkan wajahku hanya kepada-Mu. Tolong lepaskan aku dari tangis yg tiada guna biar air mata ini hanya untuk-Mu dg segala cinta.

*tulisan blog mbk aridaistia, yg mewakili hati sy saat ini


Wednesday, May 11, 2016

Selamat tinggal...

Alhamdulillah, benda asing yg bersemayam di dekat rahimnya sudah pergi. Iya, kistanya dah gak ada. Masya alloh senangnya. Bulan Februari lalu sy merasakan perut yg sakitnya luar biasa. Untunglah punya tetangga dokter yg sangat baik hati. Meskipun mbk dewi baru plg jaga di RSU jm 22.00 langsung melihat keadaan sy. Yg sy takutkan ketika itu, usus buntu. Wahhh gmn klo mmg usus buntu n hrs operasi sapa yg mau jagain Hideo. Banyak2 istigfar n sholawat. Kesimpulan mbk dewi wktu itu ternyata bukan ususbuntu n sy diberinya resep. Besoknya perut sy kembali sakit. Diselimuti rasa penasaran yg tinggi akhirnya sy cek ke Dr internist, Dr Retno di usg jg biar jelas sebetulnya ada apa ni ko sakitnya datang dan pergi. Dr Retno bilang klo usus buntu, ginjal, n organ dalam sy lainya gak ada masalah tp di dekat dinding rahim ada penebalan dan beliau menyarankan agar sy cek lg ke Dr Spog. Ok, besoknya sy cek ke RS Umi Barokah, stlah di usg Dokternya bilang bahwa benda asing itu bernama kista. Alhamdulillah ... tandatanya besar di kepala sy terjawab sdh. Kista ini ukuranya 2,9 cm n stu saat bisa hilang dg sendirinya. Penyebabnya adl masalah hormon krn siklus haid yg tdk teratur. Memang, bln sebelumnya siklusnya terjadi 2x dlm 1 bln. Gak biasanya. Baru 2 minggu minum air rebusan daun sirsak sy n hideo dijemput abi liburan ke Tasik. Bpk mertua jg ikut. Jd, ibu bisa ikut jg ke Tasik. Alhamdulillah. Abi n ibu n bpk mertua akhirnya tau n mrk hanya bisa mendoakan smg cepet hilang kistanya. Baru 1 hr di Tasik, perjalanan lanjut ke Jakarta. Tujuan utama JNE Tomang. Setelah ambil koper milik abi lanjut Bogor, rmh tante Cicik. Ibu, Ummi n teh Tia jg ikut. Hideo kuat jg nih, dr Jawa langsung Bogor badan gak drop. Ibu n Ummi senang bisa bermalam dirmh tanteku yg baik hati ini. 2 malam di Bogor, ibu memilih utk plg ke Boyolali dr Bogor dg Rosalia Indah jd kami tinggal ber4 plus Hideo di kendaraan. Abi untungnya suka jalan jauh. Waktu sebelum nikah dlu sy sempat berdoa ingin sekali punya suami yg suka jln jauh sprti alm mas Yono jg alm mas Herman. Keduanya ga suka dibantu driver tp lebih asik bawa kendaraan sendiri. Alhamdulillah doa sy diijabah Alloh. Sampe Tasik istirahat bbrp hari lanjut Garut disana ada pemandian air panas, assiiknyaaa ooiiyy. Selang 2hr lanjut Bandung. Kalo ke Bandung, kami hanya ber3. Yg lain ga boleh ikut, karena ini acara kami ber3...heheee. Sejak rmh kontrak di Pancoran rasanya pengen banget ke Bandung keliling2 blm kesampean baru stlah pindahan ke Boyolali malah bisa keliling2 Bandung. Abi pernah tinggal di Bandung jd sedikit banyak tau alamat Bandung. Ke Ciwidey jg lokasinya gampang dicari. Tinggal cari jl soreang nti banyak oetunjuk dllajr yg menunjukkan kemana arah ke ciwidey. Setelah melewati pintu loket masuk kawah putih,  tersedia ontang anting yg akan mengantarkan para wisatawan sampai di lokasi, tp karena bawa Hideo akhirnya si kancil maju terus sampai tempat parkir atas. Menyusuri arah menuju kawah putih mengingatkan sy ke Simalem Bukit Resort, Danau Toba. Begitu banyak tikungan n jalan sedikit menanjak. Baru setelah banyak tikungan, mata kita dimanjakan lukisan alam yg begitu menakjubkan. Seperti kehidupan,...Masya alloh. Begitu Kuasa Alloh menciptakan keindahan-keindahan di muka bumi.
Keinginan sy sederhana diijabah Alloh, alhamdulillah: ke kawah putih ciwidey n mesjid agung raya Bandung. Udah itu aj. Tp Alloh memberi lebih dari yg sy minta. Alloh mengabulkan doa sy melalui suami sy tercinta. Masya alloh. Malamnya menginap di salah satu penginapan di daerah Bukit Dago. Mau ke Padma udah liyeuuur carinya. Cari penginapan di Bandung ternyata klo ga booking dlu susahnya ampun deh. Ibis jl braga, kamarnya sempit mirip kos2an, ibis style hampir ok tp ternyata poolnya hanya dibuka sabtu minggu n kamar mandi tanpa bath up, batal. Fave jg ga da pool. Sampe di titik pasrah Alloh beri tempat penginapan yg cocok. Finnaly. Thank You Alloh.Hideo lelap tdrnya stlah 1 jam berendam main2 bubble di bath up. Besoknya hari Jum'at abi sholat jum'at di Masjid Raya Bandung yg terletak di jl Asia Afrika. Sementara abi solat, sy n Hideo main di area anak2 dipojok halaman rumput sintetis. Lanjut Cihampelas n mkan siangnya di daerah pasteur ada rmh mkan Jepun yg halal. Aiih2 masakanya enaak. Krn Hideo ga suka jd qt plg n cari sup iga di astro, Nagreg. Astro alias nasi liwet asep stroberry yg di daerah Nagreg viewnya lebih memanjakan mata dibanding astro yg di Garut, kadungora. Cuma kalo yg astro kadungora bisa berakit-rakit naik perahu, ada kolam ikan luas disana. Bisa pilih perahu atau bebek2. Oya, disini menang arena main anaknya. Lebih luas n banyak. Becak kecil jg ada. Outbound jg ada. Lumayan lah. Tapi menurut sy Astro yg di Nagreg the best dehh. Sup iganya disukai Hideo..kpn2 mama masakin sup iga yg se enak astro ya nak. Insha alloh.



 






Liburan 1bln di Tasik, rutinitas minum air rebusan daun sirsaknya berhenti. Mana banyak makan yg aneh2 lg. Apa kabar kistanya?? Hikkss. Beberapa hari sebelum kembali ke Boyolali sy diantar abi cek usg ke Dr Deri Indirawati. Dapat antrian no 9 n disuruh minum 2lt air putih utk cek usg. Aduuuh rasanya gak nahan. Sakiit nahan. Tapi rasa sakitnya hilang saat Dr Deri bilang klo ga ada kista. Alloh Maha Kuasa. Smg kistanya mmg sdh prg dan gak akan pernah kembali. Aamiin. Untuk temans yg sdg ada kista boleh dicoba dg air rebusan daun sirsak. Waktu itu sy rebus 7lbr daun ditambah 3 gelas air didihkan n tunggu sampe air rebusan berkurang 1 gelas, jd sisa 2 gelas utk diminum pagi n sore hari. Rasanya nikmat ko. Mirip2 teh Prenjak
Kembali ke Boyolali diantar abi, ibu n bpk mertua. Ibu mertua sy orgnya rajin sekali, bgtu jg dg bpk mertua. Jam 3 dini hari bangun, mandi air dingin kemudian sholat tahajud sampe nunggu wktu subuh dtg. Yaa Alloh, panjangkan usia mrk. Berilah kesehatan n undang kembali mrk ke tanah suci utk menyempurnakan rukun islam ke-5. Aamiin
Perjalanan Tasik-Boyolali start jam 8 n jm 12 istirahat di Gombong. Dari sini kita nyasar. Sebetulnya ga nyasar, hanya saja setelah jalan 3 jam jalan yg dilewati lurus terus n sdg ada perbaikkan n pelebaran jalan. Jalan ini melewati daerah pinggiran n ke pantai karangbolong hanya 4km. Untungnya stock bensin msh banyak jd gak perlu kuatir mobil mogok di sini. Istirahat sholat asar di salah satu Masjid  di daerah kec Ambal, Kebumen. Waaahh klo bensin habis dipastikan mogok soalnya gak ada spbu disepanjang jln. Tapi klo perbaikkan jln sdh selesai jln ini mnjd jln alternatif cepat menuju Yogya. Sedikit kaget krn tau tau udah nyampe Bantul. Dari Bantul mudag mencari petunjuk menuju Solo. Petualangan hr itu seru jg. Hehee. Sampai di Boyolali jm 9 malam, kasuuur mana kasuuur.
Sampe dirmh, Hideo gak henti-hentinya manggil-manggil eyang..eyang. Kangen Hideo udh 1bln ga jumpa eyangnya. Eyangnya jg sama. Mereka begitu saling merindukan. Masya alloh. Di Boyolali hanya 2hr krn ummi sibuk usaha cemilan di Tasik. Hari Senin belanja ke pasar cari daging sapi bagian lulur, bikin rendang buat makan di jln. Proses masak rendang memang paling lama n membutuhkan kesabaran (2 sd 4 jam) tp enak bisa ditinggal2 krjaan lainya. Dan hasilnya sllu empuk n rasanya mantap. Sebetulnya masak rendang gampang banget lhoo. Sy kasih resep simplenya "rendang fav abi". Utk 1kg daging dibutuhkan 2 butur klapa. Daging potong2, biasanya klo utk 1kg jadinya 23 sampe 25 potong. Siapkan bawang merah skitar 7 siung n bawang putih 4 siung, cabe merah 10 buah. Klo ga pengen terllu pedas buang dlu bijinya. Blender. Tumis bumbu td kmudian masukin salam, sereh n laos n daun kunyit jg jgn lupa bumbu rendang indofood. Masukin daging yg sdh dipotong2, aduk2 sebentar trus masukin santan encer. Ssntsn kentalnya baru dimasukkan setelah air menyusut. Tambah lg, menyusut tambah lg sampai air benar2 kental n menyusut. Selesai, sajikan jgn lupa taburi bawang goreng. Oya variasi rendang bisa dicampur kentang yg ukuranya kecil2 n jg kacang merah. Dua2nya sama enaknya.

Abi,...jazakalloh khoiron katsiroh yaa liburannya. Abi sdh memberikan kami smua kebahagiaan, smg Alloh Swt membahagiakan abi dg mengabulkan cita2 dan harapan abi, amiin, insha Alloh.

Monday, January 25, 2016

Alhamdulillah...

Minggu lalu anterin abi ke Adi Sucipto rasanya berat tapi Alhamdulillah di depan abi berhasil tidak meneteskan air mata. Hu huu so tegar yaa, padahal sepulang dari bandara nangis bombay di kamar. He3. Gak dink. Libur 5 hari cukuplah. Bahagia itu sederhana, katika melihat abi n Hideo maen seru2an bersama. Karena monent ini saat ini sdg sangat berharga utk kami. Waktunya abi jd supri alias supir pribadi anterin jalan2 anak istri. Kemarin kami ajak ibu jg, silaturahmi krmh tante Wanti di Semarang. Sepertinya sy menginjak Semarang setelah menikah baru kemarin. Banyak sekali yg berubah. Ahhh Semarangku. Banyak gedung2 tinggi skg. Padahal dulu waktu sy kerja di jln Pahlawan baru ada Gedung Gurbernur n Telkom. Tujuan pertama kita ke Graha Wahid, ke tempat Pak Iqbal betulin Laptop abi. Lanjut makan siang di Lombok Ijo, solat Asar di Masjid Agung n sore baru ke rmh tante Wanti. Senang sekali rasanya bisa silaturahmi ke rmh tante Wanti. Smg Alloh senantiasa menyelimuti tante Wanti seklrg dg kemuliaan dan keberkahan, aamiin. Dari rumah tante wanti kami melipir ke Ace Hardware, krn Hideo bethasil melalui tahap2 ujiannya jd Hideo dpt reward dibelikan karpet downtown n seperangkat alat transportasinya n lego yg ukurannya jumbo, lumayan kg oromo but one get one free.. Senangnya, emaknya bisa ikutan maen besok2 he3. Sebelum meninggalkan Semarang Pesona Asia kami makan malam di daerah sukun. Ada tempat makan assiikk. Ikan bakar Cianjur. Bener2 makananya top n tempatnya jg assiik. Untung aj abi pesan ikan gurame bakar n Hideo suka. Ibu jg suka sekali makan disini. Waahhh senangnya. Ini kali pertama Hideo makan ikan gurame bakar. Biasanya klo sy masak, guramenya hanya digoreng. Trus besoknya ke Yogya makan Gudeg jg doyaann. MasyaAlloh senangnya. Akhir2 ini Hideo mmg sudah menunjukkan hasil usahanya. Mulai dari stop asi, lepas pampers seharian sampe tdr malam pun lepas n terakhir Hideo anteng2 aja waktu diajak ke Barber utk me'plontos abis rambutnya. Utk vocabnya sdh lumayan banyak. Hideo sdh bs menyebutkan nama-nama alat transportasi, bisa mrmbedakan warna dg 2 bahada. Bisa menyebutkan nama2 hewan dg bahasa indonesia, inggris n arab n berhitung 1 sd 10. Alhamdulillah...MadyaAlloh. Semakin sayang pada-Mu Yaa Alloh. Oyaa, setelah abi berada di Boyolali 2 hari ibu n bpk mertua jg datang n menginap disini. Haifa n Sani jg ikut. Dan yg bikin sy kaget, Mas Bram yg bawa mobilnya. Hihii betul2 hari-hari yg membahagiakan. Hideo senang sekali ketemu kakek n neneknya. Hari Sabtu, abi dpt piket jd supri lg muter-muterin kota Yogya. Waahhh Yogya jg tambah cantik aj. Kemarin kami sempet mampir ke Jogya City Mall. Klo liat bangunannya kok mirip2 sama Mall of Indonesia yaa. Makan gudeg didaerah wijilan, tempat langganan di gudeg ibu rini n mampir sebentar ke Malioboro. Sebetulnya ada Jogya bay tp kemarin ga sempat kesana. Hari minggunya anterin abi ke adi soemarmo, ibu mertua jg pulang lg ke Tasik. Alhamdulillah utk kemarin ... thank you alloh

Semoga abi sehat sllu disana, dilancarkan pekerjaannya n dijaga n dilindungi dr musibah n di ijabah alloh tahun ini bisa overseas lg, aamiin. Ibu n bpk mertua jg smg panjang umur n sehat sllu, alloh berikan berkah n karunia-Nya, aamiin




Friday, October 02, 2015

Bersabarlah Alloh sayang kpd umat-Nya

Alhamdulillah ga terasa 2 bln sdh domisili sementara di Boyolali. Setelah berkali kali ditinggal suami tugas luar kota, akhirnya kami memutuskan utk sementara tinggal drmh ibu. Dari ke-4 kakak blm ada yg bisa mengalah menemani ibu. Alhandulillah kesempatan baik ini Alloh berikan ke saya. Jd, Pancoran selamat tinggal yaa. Hikkss sedih jg ninggalin Jakarta, sdh hampir 6th sy tinggal di Jakarta. Dimana aj enjoy, sy senang tinggal di mana2. Ada hal baru, banyak hal baru. Ehhmmm Abinya dede saat ini sdg diberi amanah kerjaan di Balikpapan. Sudah tenang sekarang, ga takut hujan deras n halaman rmh banjir lg, airnya jg segar, jernih n sehat. Waktu di Jakarta kefikiran terus klo hujan takut terus bawaanya krn abi di luar kota. Semoga Alloh berikan berkah atas kepindahan kami, aamiin.

Oya, Alhamdulillah minggu lalu sy ajak Hideo solat Ied ke Masjid Ar Rahman ga rewel n soleh. Sy pakaikan baju koko n sarung serta peci di kepalanya. Lucuunya anak itu. Semoga kelak kau rajin solat ke masjid nak, pandai mengaji jg adzan. Aamiin Yaa Rabb. Waktu penyemblihan hewan sapi pun Hideo ga takut malah seperti penasaran. Tahun ini masjid Ar Rahman menyemblih hewan qurban sapi 8 ekor n kambing 10 ekor. Alhamdulillah abi pas dirmh jd bisa ber-sate ria sepuasnya. Oya, tante Tin jg disini jd tambah seru. Tahun ini bisa banyak berkreasi masakan serba daging: rendang, sate, sop, abon, spagethi n isi pastel. Besok Selasa jg insha Alloh ada pengajian teman2 ibu, jd sy diberi ibu tugas masak gulai. Untuk sajian snack rencananya sy ingin buat donat kentang n pastel isi sayur (daging giling, wortel, kentang n buncis). Kemarin sy coba2 resep pastel yg kulitnya ditambah santan n ternyata berhasil. Pastelnya ngalahin pastel makcik lhoo, he3. Ga dink, biasa aj tp semua suka sy sukaaa. Hari Sabtunya nganterin abi ke Adi Sumarmo, hikkss. Ciyusun abi :D Semoga Alloh berikan kesehatan n kelancaran dlm sgl urusan, sllu dlm lindungan Alloh, aamiin.
Besok tgl 4 Oktober, hari lahir ibu. Yaa Alloh berikanlah ibu hamba kesehatan, usia panjang yg bermanfaat n bahagia di dunia n di akhirat peroleh syurga, aamiin.

Untuk jemaah haji yg meninggal korban mina n musibah crane, smg khusnul khotimah n smg Alloh menempatkan mrk di syurga dimana Alloh menempatkan umat-Nya yg dicintai. Aamiin. Sedangkan utk saudara2 kita yg berada di pulau sumatra n sebagian kalimantan yg sdg diberikan Alloh ujian asap dr kebakaran hutan, bersabarlah. Smg Alloh memberikanmu bnyak kebaikkan n berkah di dalamnya, aamiin.


Monday, April 20, 2015

Bersyukur dlm setiap keadaan



Alhamdulillah sudah memasuki bulan rajab, itu artinya 2 bln lg kita akan berjumpa dg bulan 1000 bulan, bulan suci ramadhan, bulan penuh berkah. Sepertinya ramadhan th ini bakalanbatal bbrp hari karena datangnya keringanan dr Alloh, pdhal tahun lalu dan th sebelumnya bisa full puasa. Tahun lalu Hideo usia 1 th sy masih memberikanya asi  tp Alhamdulillah seperti th sebelumnya sy sdg hamil usia 8bln jg bisa full puasa. Atas ijin Alloh dan kemauan kuat sy tentunya. Sy jg membisikan ajakan puasa ke hideo apakah dia sdg di dlm perut ato sdh 1th. Asal banyak makan sayur, buah n minum n jgn lupa saur, insyaAlloh puasa maju lancar.
Semoga puasa th ini diberikan kesehatan oleh Alloh, agar bisa menjalankan amalan2 di bln ramadhan jg memenuhi target puasa tentunya. Untuk Lebaran th ini, giliran di rmh ibu mertua, Tasikmalaya namun berharap smg bisa jumpa ibu jg di Boyolali, aamiin. InsyaAlloh. Meskipun kita blm beli tiket mudik ttp berharap smg Alloh mudahkan perjalanan mudik nanti  aamiin. Kapok naik salah satu maskapai, gak mau lagi dah naek delay air. Ingat banget lebaran th lalu H minus 2hr sampai delay 5 jam. Kasiyan hideo. Enaknya siy kereta api, tp hari ini klo blm pesen tiket mana bs dpt. Jd kita lihat nanti Qada Alloh akan sprti apa jdnya. Bismillah aja

Ternyata hidup ini selalu indah bagi mereka yg selalu bersyukur. Ketika kita sdg berada di atas, kita bisa dg leluasa mengeluarkan uang untuk kebutuhan ini dan itu. Bisa berbagi, sedekah, bisa menolong. Tapi ketika kita sdg berada di bawah, ... pengeluaran pun harus diperketat. Stop belanja yg tidak diperlukan, stop sering2 cuci mata ke mall, dll. Untungnya ga ada cicilan rmh n mobil, kartu kredit ga ada tagihan dan yg penting GAK punya HUTANG
. Semoga dijauhkan Alloh dr berHutang, aamiin. Kalau kita sdg berada di atas, siap2 stu saat bakalan merasakan di bawah dan sebaliknya, jika kita sdg berada di bawah, siap2 Alloh akan memberikan kita posisi di atas. Itulah hidup, roda selau berputar. Bersyukurlah jika Alloh sdg memberikan kita ujian, kan artinya Alloh sayang dg kita. Bukankah orang yg beriman akan diuji Alloh keimanannya? Maka, bersyukurlah.
Ketika sedang asyik berblog mendengar tangisan hideo pun,..alhamdulillah. waktunya menduakanmu. Waktunya memberikan hideo asi dgy brand kasih sayang, memberikan belaian sayang n kecupan lembut. Ahhhh bahagia rasanya, alhamdulillah.

Saat ini pun, ketika jarak memisahkan harus ikhlas dan menikmati  indahnya bersyukur. Sudah 3 minggu abi ditugaskan di Malang, bahkan sempat beberspa hari di Jember n Blitar. Ihhh assiikk banget diJember. Sy sudah pernah kerja di Jember kurang lebih 2,5 th. Ammbooyyy rasanya seru. Sy tipe orang yg ga suka diam di 1 tempat (sewsktu kerja dulu). Kuliah di Yogya, lulus kuliah langsung kerja di Jember, trus pindah Semarang n terakhir Jakarta. Karir sy harus terhenti sebagai seorang karyawati karena karir terbaik bagi seorang wanita adalah menjadi seorang I
ibu rumah tangga, aamiin.
Gak ada abi di rmh rasanya seperti nasakan kurang asin, he3. Ohh iya pas kemarin malam sy mendapat tlp dari penipu yg mengaku2 abi. Jam 22.00 pas waktu itu sy sdg asiik makan he3. Makan yg ke empat apa kelima ya. Nah trus si penipu ini cerita klo mobil yg dibawa kena razia n sy disuruh ngobrol ma polisi, bolang klo surat2 mobil ada dirmh n tolong diselesaikan dg kekeluargaan, jgn dipersulit. Ok, akhirnya sy ikutin skenario mrk. Suara riuh di bljg polisi (oknum yg mengaku polisi), bicara panjang lebar sy sdh mulai males krn nrk minta transfer uang 650rb. Waakksss. Ok, habis itu sy bilang mana suami sy td? Akhirnya sy bicara lg dg nya. Sy bilang, wahhh pak jgn ngaku2 suami sy dong. Ini bukan abi, suami sy. Si penipu bisa jg aktingnya, dia bilang masa dlm keadaan sprti ini sy meragukan klo dia bukan suami sy. Ok pak, klo benar anda suami sy, tolong sebut nama lengkap anak kuta. Tetooottt ...!!! Si penipu bingung mau jawab apa, yg ada dia jengkel. Wahh waahhh ini tlp akhirnya sy putus. Well penipu...penipu gmn klo istri anda yg kena tipu daya org lain?
Ahh Alhamdulillah Alloh berikan sy perlindungan. Hihiii sy tlp suami sy, cerita ttg ini semua n commentnya biasa aj tu.

Tuesday, March 24, 2015

alhamdulillah, jd jg hanger sepatu dewe'an production


Mumpung Hideo pules tidurnya nyook kita bikin hanger sepatu sangat mudah dan sederhana sekali. Bahan yg diperlukan jg sudah ada, kain bekas popok dlu, benang untuk jahit dan plastik untuk nutupin sepatu Dan hanger besi. Waktu yg diperlukan sebetulnya singkat tapi berhubung disambi nonton hurrem hatun jd nya 2 jam, he3. Pertama, gunting kain popok mjd 2 bagian. Taruh plastik di atas kain, kemudian jahit rapi bagian tengah. Nah  jgn lupa taruh sepatu di atas plastik untuk menyelimuti sepatu. Jahit bagian bawah jg. Buat 3 ato 4 baris yg sama. Kedua, sisa kain popok td diukur utk dijadikan penutup plastik, kemudian jahit yg rapi. Ketiga, hanger besinya dililit pakai sisa kain popok td, lilitnya menyerong, ujungnya baru jahit simpul mati. Sudah, selesai. Rapikan semua bagian


Thursday, February 26, 2015

Jika Suamimu seorang Engineer

Dapat bacaan bergizi dari Abi td sore, isinya dalam dan berhasil membuat air mata sy keluar dari bola mata. Hehee... tapi betul ko, buat sy pas banget. Yuk, silahkan dibaca.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku pilihan hatimu. Maka, mungkin dan sangat mungkin engkau akan menyaksikan aku terlalu rasional dalam setiap persoalan. Sering dan mungkin akan sangat sering kau menjumpai aku memilih dan memutuskan sesuatu berdasar efisien apa tidak, bukan pada nyaman apa tidak nyaman. Karena aku berkeyakinan kenyamanan adalah sesuatu yang bisa diupayakan belakangan.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku pendamping hidupmu. Maka, kau akan menyaksikan bahwa aku akan sangat jarang di rumah. Aktivitasku adalah di luar sana. Karena aku menyukai petualangan. Menginginkan hal berbeda dalam setiap keadaan. Hal monoton seringkali membuatku bosan. Tapi tenanglah, aku tidak akan bosan dengan apa-apa yang menjadi passion-ku dengan apa-apa yang menjadi prinsip dan pilihan hidupku. Termasuk saat aku sudah memilih pasangan hidupku.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku kekasih hatimu. Maka boleh jadi kau akan menganggapku aku terlalu menyepelekan setiap masalah. Tapi bukan itu sebenarnya maksudku. Asal kau tau kompleksitas setiap masalah adalah kekal hukumnya, tapi aku hanya ingin mengajakmu untuk menghadapinya dengan menyederhanakannya. Menganggap setiap masalah bukan persoalan besar. Sehingga bahtera kita tetap tegar menghadapi setiap persoalan. Karena pada kenyataannya kita lebih besar dari setiap masalah itu sendiri.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku ayah dari anak-anak terhebatmu. Maka maukah kamu, untuk menjadi ibu terhebat buat anak-anakku. Mengajari mereka, mendidik mereka dan menghebatkan mereka. Banyak-banyaklah untuk beraktivitas di rumah. Gantikanku saat aku diluar sana. Menceritakan tentang ayahnya saat mengantarkan tidur mereka. Dan saat aku kembali kerumah kaupun sudah menyiapkan segalanya. Dan kau berdandan lebih cantik dari hari-hari sebelumnya dan selalu tersenyum manis menyambutku. Menghadirkan kecerian di rumah kecil kita. Dan jangan khawatir kau akan bosan hanya beraktivitas di rumah. Aku akan selalu mendukung apa-apa yang menjadi passionmu. Asal tidak melupakan tugas utamamu.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku sebagai pelengkap setengah dienmu. Maka kamu harus menerima kenyataan, bahwa cintaku kepadamu bukan cinta utamaku. Cintaku kepadamu tidak sama dengan cintaku kepada Tuhanku. Bahkan masih di bawah kecintaanku kepada orang tuaku dan mertuaku. Maka hormati aku sebagaimana aku menghormati (keempat) orangtuaku. Patuhi aku selama aku tetap taat kepada Tuhanku.

Dan saat bayanganmu menjadi kenyataan bahwa kau menyaksikan dirimu menjadi istri dari seorang engineer. Maukah kamu selalu mendampingiku, melengkapi ketidak sempurnaanku, hidup susah dan senang bersamaku, mengingatkanku saat lalai, membuka percakapan dalam setiap kebisuanku, menghadirkan keromantisan di setiap keadaan dan menjadi navigator handal untuk petualangan-petualangan kita sampai bahtera ini berlabuh di surga.
Parmantos

Amiin, semoga kelak jumpa di syurga.
Engineer itu mmg pekerjaan suami sy. Pekerjaannya mengharuskan abi utk pergi dari satu kota ke kota lainya. Kadang jika memang ada tawaran pekerjaan, bisa sampai ke luar negeri. Alhamdulillah sdh pernah menangani pekerjaan yg sama di negara tetangga yg bersebelahan dg pulau Batam dan jg negara yg bersebelahan dg Irian Jaya. Ehh bener gak yaa papua new guini sebelahan sama irian jaya? Hehee wah parah niy geografinya. Sebelum menikah dulu, sy pernah ditanya ttg kesanggupan utk sering ditinggal ke luar kota dan ternyata terbukti. Dua bln setelah menikah dulu suami sy dpt project di Medan. Waakkss sedih rasanya. Setelah melahirkan jg pernah ditinggal ke Bandung. Dan ini bukan waktu yg sesaat. Biasanya minimal 1 bulan. Tapi Alhamdulillah,...dari sinilah sy dpt merasakan btp merindukan seorang suami itu indah sekali rasanya, dan yg pasti klo suami sdg di luar kota jarang bertengkar dunk. Hihiii.
Ketika sy kuliah dulu, sy sedang di perjalanan Bus ke Jember dari Yogya. Sy duduk bersebelahan dg seorang mas-mas. Dari Yogya sampai Madiun ini org tdr terus. Weleeh2 deh. Namun setelah istirahat di rmh makan di madiun, baru cerita2. Waktu itu sy sdg suka kebudayaan korea jd baca buku ttg budaya korea. Mas nya tanya ttg isi buku itu n percakapan mulai beberapa topik keluar. Kemudian sy tanta ttg pekerjaanya, mas nya jawab kalau dia krj di EI Dg bangganya dia bercerita bahwa pekerjaannya membuat dia hrs keliling dari 1 negara ke negara lain. Australia, Abudhabi, Jepang, dll. Stop cerita si mas-mas ini, krn harus turun di kota Surabaya. Waktu itu sy sempat bergikir wahh enaknya kalo punya suami keliling2 dunia, hmmm seperti pekerjaan mas2 ini. Beberapa tahun kemudian, sy menikah dg suami sy yg sama-sama krj di EI. Ternyata Alloh mengijabah doa sy. Alhamdulillah. Sy sempat cerita ke abi ttg perjalanan sy di bus dlu, dpt partner perjalanan yg krj di EI, tp abi ga comment tuh, malah biasa aj. Hihiiii. Benar yaa, Alloh itu mengijabah doa dg bbrp cara. Pertama, langsung mengabulkan doa kita, kedua menangguhkanya utk dikabulkan di kemudian hari dan tidak mengabulkan doa tsb, namun mengganti doa tersebut dg yg lebih baik dimata Alloh utk hamba-Nya. MasyaAlloh...indahnya islam.







Monday, February 23, 2015

Belajar motor ahh, hehee


Alhamdulillah, Yaa Alloh terima kasih untuk setiap hela nafas yg Kau berikan. Mau cerita ttg kisah manusia niy, tp tergoda melahap kue keranjang goreng sambil liat tayangan tv, sopasti bareng abi. Jd, nonton dulu ahhhh...he3