Tuesday, March 24, 2015

alhamdulillah, jd jg hanger sepatu dewe'an production


Mumpung Hideo pules tidurnya nyook kita bikin hanger sepatu sangat mudah dan sederhana sekali. Bahan yg diperlukan jg sudah ada, kain bekas popok dlu, benang untuk jahit dan plastik untuk nutupin sepatu Dan hanger besi. Waktu yg diperlukan sebetulnya singkat tapi berhubung disambi nonton hurrem hatun jd nya 2 jam, he3. Pertama, gunting kain popok mjd 2 bagian. Taruh plastik di atas kain, kemudian jahit rapi bagian tengah. Nah  jgn lupa taruh sepatu di atas plastik untuk menyelimuti sepatu. Jahit bagian bawah jg. Buat 3 ato 4 baris yg sama. Kedua, sisa kain popok td diukur utk dijadikan penutup plastik, kemudian jahit yg rapi. Ketiga, hanger besinya dililit pakai sisa kain popok td, lilitnya menyerong, ujungnya baru jahit simpul mati. Sudah, selesai. Rapikan semua bagian


Thursday, February 26, 2015

Jika Suamimu seorang Engineer

Dapat bacaan bergizi dari Abi td sore, isinya dalam dan berhasil membuat air mata sy keluar dari bola mata. Hehee... tapi betul ko, buat sy pas banget. Yuk, silahkan dibaca.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku pilihan hatimu. Maka, mungkin dan sangat mungkin engkau akan menyaksikan aku terlalu rasional dalam setiap persoalan. Sering dan mungkin akan sangat sering kau menjumpai aku memilih dan memutuskan sesuatu berdasar efisien apa tidak, bukan pada nyaman apa tidak nyaman. Karena aku berkeyakinan kenyamanan adalah sesuatu yang bisa diupayakan belakangan.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku pendamping hidupmu. Maka, kau akan menyaksikan bahwa aku akan sangat jarang di rumah. Aktivitasku adalah di luar sana. Karena aku menyukai petualangan. Menginginkan hal berbeda dalam setiap keadaan. Hal monoton seringkali membuatku bosan. Tapi tenanglah, aku tidak akan bosan dengan apa-apa yang menjadi passion-ku dengan apa-apa yang menjadi prinsip dan pilihan hidupku. Termasuk saat aku sudah memilih pasangan hidupku.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku kekasih hatimu. Maka boleh jadi kau akan menganggapku aku terlalu menyepelekan setiap masalah. Tapi bukan itu sebenarnya maksudku. Asal kau tau kompleksitas setiap masalah adalah kekal hukumnya, tapi aku hanya ingin mengajakmu untuk menghadapinya dengan menyederhanakannya. Menganggap setiap masalah bukan persoalan besar. Sehingga bahtera kita tetap tegar menghadapi setiap persoalan. Karena pada kenyataannya kita lebih besar dari setiap masalah itu sendiri.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku ayah dari anak-anak terhebatmu. Maka maukah kamu, untuk menjadi ibu terhebat buat anak-anakku. Mengajari mereka, mendidik mereka dan menghebatkan mereka. Banyak-banyaklah untuk beraktivitas di rumah. Gantikanku saat aku diluar sana. Menceritakan tentang ayahnya saat mengantarkan tidur mereka. Dan saat aku kembali kerumah kaupun sudah menyiapkan segalanya. Dan kau berdandan lebih cantik dari hari-hari sebelumnya dan selalu tersenyum manis menyambutku. Menghadirkan kecerian di rumah kecil kita. Dan jangan khawatir kau akan bosan hanya beraktivitas di rumah. Aku akan selalu mendukung apa-apa yang menjadi passionmu. Asal tidak melupakan tugas utamamu.

Terbayangkah engkau bertemu seorang engineer dan dialah aku sebagai pelengkap setengah dienmu. Maka kamu harus menerima kenyataan, bahwa cintaku kepadamu bukan cinta utamaku. Cintaku kepadamu tidak sama dengan cintaku kepada Tuhanku. Bahkan masih di bawah kecintaanku kepada orang tuaku dan mertuaku. Maka hormati aku sebagaimana aku menghormati (keempat) orangtuaku. Patuhi aku selama aku tetap taat kepada Tuhanku.

Dan saat bayanganmu menjadi kenyataan bahwa kau menyaksikan dirimu menjadi istri dari seorang engineer. Maukah kamu selalu mendampingiku, melengkapi ketidak sempurnaanku, hidup susah dan senang bersamaku, mengingatkanku saat lalai, membuka percakapan dalam setiap kebisuanku, menghadirkan keromantisan di setiap keadaan dan menjadi navigator handal untuk petualangan-petualangan kita sampai bahtera ini berlabuh di surga.
Parmantos

Amiin, semoga kelak jumpa di syurga.
Engineer itu mmg pekerjaan suami sy. Pekerjaannya mengharuskan abi utk pergi dari satu kota ke kota lainya. Kadang jika memang ada tawaran pekerjaan, bisa sampai ke luar negeri. Alhamdulillah sdh pernah menangani pekerjaan yg sama di negara tetangga yg bersebelahan dg pulau Batam dan jg negara yg bersebelahan dg Irian Jaya. Ehh bener gak yaa papua new guini sebelahan sama irian jaya? Hehee wah parah niy geografinya. Sebelum menikah dulu, sy pernah ditanya ttg kesanggupan utk sering ditinggal ke luar kota dan ternyata terbukti. Dua bln setelah menikah dulu suami sy dpt project di Medan. Waakkss sedih rasanya. Setelah melahirkan jg pernah ditinggal ke Bandung. Dan ini bukan waktu yg sesaat. Biasanya minimal 1 bulan. Tapi Alhamdulillah,...dari sinilah sy dpt merasakan btp merindukan seorang suami itu indah sekali rasanya, dan yg pasti klo suami sdg di luar kota jarang bertengkar dunk. Hihiii.
Ketika sy kuliah dulu, sy sedang di perjalanan Bus ke Jember dari Yogya. Sy duduk bersebelahan dg seorang mas-mas. Dari Yogya sampai Madiun ini org tdr terus. Weleeh2 deh. Namun setelah istirahat di rmh makan di madiun, baru cerita2. Waktu itu sy sdg suka kebudayaan korea jd baca buku ttg budaya korea. Mas nya tanya ttg isi buku itu n percakapan mulai beberapa topik keluar. Kemudian sy tanta ttg pekerjaanya, mas nya jawab kalau dia krj di EI Dg bangganya dia bercerita bahwa pekerjaannya membuat dia hrs keliling dari 1 negara ke negara lain. Australia, Abudhabi, Jepang, dll. Stop cerita si mas-mas ini, krn harus turun di kota Surabaya. Waktu itu sy sempat bergikir wahh enaknya kalo punya suami keliling2 dunia, hmmm seperti pekerjaan mas2 ini. Beberapa tahun kemudian, sy menikah dg suami sy yg sama-sama krj di EI. Ternyata Alloh mengijabah doa sy. Alhamdulillah. Sy sempat cerita ke abi ttg perjalanan sy di bus dlu, dpt partner perjalanan yg krj di EI, tp abi ga comment tuh, malah biasa aj. Hihiiii. Benar yaa, Alloh itu mengijabah doa dg bbrp cara. Pertama, langsung mengabulkan doa kita, kedua menangguhkanya utk dikabulkan di kemudian hari dan tidak mengabulkan doa tsb, namun mengganti doa tersebut dg yg lebih baik dimata Alloh utk hamba-Nya. MasyaAlloh...indahnya islam.







Monday, February 23, 2015

Belajar motor ahh, hehee


Alhamdulillah, Yaa Alloh terima kasih untuk setiap hela nafas yg Kau berikan. Mau cerita ttg kisah manusia niy, tp tergoda melahap kue keranjang goreng sambil liat tayangan tv, sopasti bareng abi. Jd, nonton dulu ahhhh...he3

Thursday, February 05, 2015

Oleh-oleh dari Pangandaran, Green Canyoon, Parangtritis, dan Gunung Bromo

Alhamdulillah mulai tgl 1 Januari lalu start jalan-jalan dari Jakarta ke Tasik cukup 4,5 jam sampai dirumah kakek nenek Hideo. Abi bawa mobil larinya mantab....Alhamdulillah bisa sekalian jalan ke Pangandaran, Green Canyon n Batu Karas. Wuiiihhh pemandanganya seru pisan euy. Sayang ga nginep di Pangandaran. Pengennya siy nginep tapi kemarin Abi ga bisa nginep musti kerja, ga keburu gitu. Empat hari di Tasik lanjut kembali ke Jakarta hari Minggu tgl 4 Januari. Sebetulnya masih ingin berlama-lama di Tasik. Oya, Alhamdulillah bisa silaturahim ke rumah Mas Bram, kaka kedua saya n juga ke ibu bidan Pipih, bidan yg membantu proses persalinan saya. Singkat sekali rasanya hanya 4 hari di Tasik, tapi syukurlah bisa mempertemukan ummi n bapak dg Hideo. Hari Minggu kembali ke Jakarta dan wuiihhh jalanan macet sangat mulai sebelum Gentong sampai pintu masuk tol Cileunyi. Masuk Tol jg macet sama sajo n sampai di Jakarta alhasil jam 9 malam. Kalau dijumlah yaa kira-kira 10 jamlah. Waakksss mungkin gara-gara arus mudik liburan panjang tahun baru yaa sampai macetnya weleh-weleh gini. Di Jakarta istirahat untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Boyolali. Kami coba Bus Rosalia Indah yg premium class or big top. Lumayan, enak jg. Harga tiket 265rb dari terminal Rawamangun jam 14.30. Sampai Boyolali jam 2 malam. Hideo malah bangun jadi sampai subuh main-main sama eyang putri. Hari Sabtu jemput tante Tin ke Solo, untuk silaturahim ke rmh mbah Wasik di Klaten n nyekar ke makam alm bpk. Hari masih siang jd perjalanan lanjut ke Gunung Merapi, lebih tepatnya kaki gunung Merapi. Sebetulnya nama daerahnya Selo, jalan menuju Selo sekarang ga se enak dulu. Bawa ibu n tante Tin lumayan nambah rame suasana menyusuri jalananan jelek. Sampe pasar Selo ngangetin badan jajan bakso Jawa. Lumayanlah. Besoknya acara jalan2 ke Yogya. Pertama ke Prambanan, Pantai Parang Tritis, Gembira Loka, n bermalam di Hotel Rumput resort. Hotelnya asyiikkk deh. Murah meriah tp dapetnya banyak. Hotel ini designya cantik n asri. Makanannya sehat ga ada daging. All about fresh n health. Bisa berenang bebas n sepedaan ke pesawahan. Saya sengaja searching google beberapa hari sebelum ke Yogya. Jadi pengen kesini lg. Ibu n tante Tin 1 kamar n kami bertiga 1 kamar, Manila Suite. Bener2 puas bermalam di Hotel Rumput. Next time ke sini lg ga nolak, he3. Truus truuss tanya ibu n tante tin n abi jg mereka bilang suka. Besoknya masih acara jalan2 di Yogya. Solat di Masjid Syuhada n Masjid Kampus UGM n mkan gudeg Hj Rini di Wijilan. Kembali ke Boyolali. Beberapa hari kemudian baru ke Malang, nyobain kreta Malioboro Express executive class. Murce aluas murah cekali 200rb. Jam 9 dari Solo Balapan sampai Malang jam 16.30. Dijemput Rara n Mas Fuad. Alhamdulillah

Hari Senin, baru deh perjalan Malang to Bromo yg super seru. Kami pinjam mobil Mbk Ririn, mobilnya suzuki spflash. Kecil2 tapi tenaga Ok banget. Sebetulnya Abi ngandelin GPS utk bisa sampai Bromo tapi gara2 sinyal GPS verry bad jd akhirnya kita liat petunjuk jln yg ada aj. Ternyata ke Bromo lewat Probolinggo jalannya bagus n aman dilewati. Ada dua kejadian yang membuat hati semakin merasa sangat disayang Alloh. Kami selamat. Ya. Jadi ceritanya, yang pertama. Pas tanjakan tajam n ada lubang besar mobil udah diatas tu tp ga kuat karena kalo dipaksain bakalan kena lubang n kena mesin wahh akhirnya abi mundur pelan-pelan. Yaa Alloh rasanya jantung ini mau copot. Sampai di tikungan sebelumnya barulah kita berbelok arah melewati jalan lainnya. Kemudian kejadian yang kedua, pas perbatasan desa sukapura dan cemoro lawang jarak pandang mobil hanya sampai ujung badan mobil depan, gak bisa liat depan karena kabut begitu tebalnya. Abi langsung bilang, ayo kita balik aja. What?? sudah sejauh ini?? Tapi ternyata Alloh memberikan pertolonbgan lewat seorang pemuda yang melintas jalan itu dan kami meminta bantuan pemuda tadi untuk memandu kami sampai Bromo Permai, tempat kami menginap malam harinya. Yaa Alloh kalau saja pemuda tadi tidak melintasw, mungkin kami tidak sampai Bromo karena yang kami takutkan adalah di depan jalan ternyata jurang atau bisa saja tiba-tiba mobil dari arah berlawanan datang atau kemungkinan lainnya. Alhamdulillah Yaa Alloh,...semakin dalamnya cinta-Ku pada-Mu. Jam 2 siang kami tiba di Cemoro lawang. Sayang hotel Lava Viewnya full, disewa perusahaan salah satu otomotif besar karena saya lihat banyak sekali mobil baru parkir di halaman. Jdnya kami bermalam di Bromo Permai. Lumayanlah, bisa lihat keindahan Bromo depan langsung. Sarapan pagipun bisa melihat indahnya Bromo. Bagi saya, ini kali kedua menginjak kaki ke Gunung Bromo karena sebelumnya sudah pernah di tahun 2004 ketika saya bekerja di kota Jember. Hideo Alhamdulillah ga masalah diajak ke Bromo, mungkin penyesuaian aj besoknya badan Hideo agak anget. Jam 10 cek out balik Malang. Sepanjang perjalanan kami disuguhkan lukisan alam pegunungan yang MaswyaAlloh indahnya. AC mobil pun dimatikan diganti udara segarnya pegunungan. Ehhh pas nyampe Malang, tujuan utama kita adalah makan kemudian service suzuki. Tapi kami kaget karena gak nyangka bisa ketemu sama Niken di Sederhana Padang. Heheee .... kebetulan banget bisa ketemu sepupuku yg satu ini. Mamanya Kimmi. Ok deh bu dokter sp mata, kpn2 jumpa lg yaa klo kmrn ga ketemu blm tentu kita bisa jumpa. Alhamdulillah. Oyaa di Malang kami bermalam drmh Mbk Ririn. Ada Afran jg, seumuran Hideo tp dibawahnya 3bln. Seneng banget Hideo ada temennya. Maen mandi bola depan tv, mandi bareng n makan bareng jg. Bisa silaturahmi juga ke rumah Mbk Diah, tapi swayang gak ketemu Tya. Duuhhh sebetulnya masih kangen mbk ririn n rara tp harus balik Boyolali. Tdnya masih mau ke Air terjun Tawangmangu n Sarangan tp krn Hideo batuk pilek batal jdnya. Hari Selasa 3 Februari kami kembali ke Jkt gujes gujes lg argo lawu. Ibu saya ajak ke Jakarta belum mau. Yasud kami bertiga. Semoga Ibu sehat selalu, panjang umur dan Alloh lindungi Ibu bersama orang2 yg salih dan salihah, dijauhkan dari tipu daya orang jahat, amiin. Ahhhhhh....bahagianya. Baru kali ini liburan yg bener2 lama. 1 bln penuh full of jalan2. Mulai dari Pangandaran, Green Canyoon, Parangtritis sampe Gunung Bromo. Ughhh seru euuy. Alhamdulillah Yaa Alloh. Next destination ...masih dirahasiakan, hehee. Semoga Alloh ridho passpor di lemari bisa kepake, amin. Syukurku pada-Mu tak berujung.

















Monday, December 08, 2014

Jalan-jalan ke kota kasablangka

Hari minggu kemarin kami mencoba makan di salah satu outlet Jepang di kota kasanlangka. Namanya Marugame Udon. Rekomanded sekali deh. Mumpung antrean kosong krn biasanya antreannya sampe bejibun. Sebetulnya tujuan utama kita adalah mencari sandal kickers yg ringan tanpa ada suara cit cit citnya krn Hideo baru punya 1. Kadiyan hihiii. Akhirnta kami menemukan sandal yg lucu n keren mc queen tp sayang sekali size 21nya habis yg ada 23. Cari di mother care berat2. Trus di kids station jg ga ada yg cocok yaaah ga dpt deh. Oya Hideo senang sekali dilepas jalan sendiri. Kesana kemari terkadang saking asyiknya jalan ngebut sampe gubraaakkk jatoh. Capek jg jalan muter2 akhirnya kami masuk outlet indovision. Di sini Hideo bisa puas bermain. Ada lemari play dooh, mobil2an dan perosotan. Seruuu. Hanya menulis nomor pelanggan Hideo bebas bermain. Ada jg tempat bermain chipmunks di lantai 2 hanya saja Hideo msh kecil dan blm cukup usia. Ini dia penampakan outlet indovisionnya. Jam 9 waktunya plg tp Hideo makin asiik aja, terpaksa deh digendong. Menolak, metonta2 dan berteriak gak ingin plg. Besok lg ya Dee klo ke kokas pasti mampir sini lg.






Wednesday, December 03, 2014

Hideo dan sakit campak

Pertamanya mungkin karena ga sengaja sentuhan sama adinda, temen seumuran Hideo yg rumahnya tinggal di depan. Adinda waktu itu sy perhatikan ada bintik2 merah di muka dan tangannya. Kalau mmg dinda lg campak kenapa diijinkan main sama temen2nya kan bisa nularin. Harusnya dikarantina dulu ditumah smpe betul2 sembuh. Dan beberapa hari setelah itu Hideo badannya anget tp besoknya normal trus malemnya anget lg sampai 3 malam badannya anget naik turun sampai2 malam hari ketiga sy konsultasi sama bidan puji (teman sekantor dlu, yg sllu setia ngasi saran dan resep klo hideo sakit. Makasih banyak ya Puji, smg Alloh Swt berikan Puji kebaikkan yg banyak. Amin). Dan malam itu ternyata ada sedikit bintik2 merah di punggungnya Deo. Whuaaaa jgn2 Hideo kena campak. Untungnya pas hari minggu jd abi bisa lari ke apotek cari mapoh dan prorris dropps. Dua resep ini sangat manjur untuk Deo. Pertama Mapoh, obat Cina yg berkhasiat mengeluarkan tampek di badan. Sakit flu aja selera makan hilang apalagi campak. Setelah makan beberapa sendok nasi barulah mapohnya dimasukkan tp sayang krn berbentuk puyer dan pahit rasanya itu obat ga bisa masuk...keluar lg deh apa yg sdh dimakan td. Setelah itu Deo sy kasih jus alpukat kesukaannya dan bbrp suapan terakhir sy campur mapoh dan Alhamdulillah bisa masuk dan tanpa muntah. Ahhh finally.  Malamnya badan Deo tinggi sampe 40 derajat dan abi langsung masukin prorris dropps dr lubang anus. Dua resep ini sama ampuhnya. Besoknya badan Deo sdh turun panasnya dan tampeknya keluar semua. Duhhh kasiyan rasanya liat Deo campak. Punggung, perut, dada, kaki, tangan, wajah, semua keluar bintik merah. Bintik merah ini semakin menjadi di hari ketiga. Hari keempat sdh ga separah hari ketiga dan hari ke enam sdh tinggal bekas bintiknya sj. Oya untuk mengatasi tampek yg sdh keluar sy kasih bedak salicyl aj. Mapoh Rp 15.000, prorris dropps Rp 7.500/kapsul dan bedak salicyl Rp 4000. Proris dropps hanya 1 sj yg dimasukkan. Alhamdulillah ga harus masuk RS ato dokter sp anak. Puji bilang kalo campak yg penting tampeknya keluar semua krn klo ga keluar itu malah berbahaya. Trima kasih Yaa Alloh, sakit campaknya sdh sembuh. Hideo klo sakit ga pernah berlarut2. Cepet. Karena bantuan khasiat asi tentunya. Yuup yup yupp siipiriilii. Sy sangat pro asi dan sangat bersyukur. Betul juga niy klo anak sakit ibunya harus gesit cari cara buat menyembuhkan. Oyaa pernah terima artikel dr Dewi ttg antivaksin gitu. Di dlmnya banyak diinfokan klo vaksin imunisasi berassl dr kotoran hewanlah, gak halal lah, ga baik utk tubuh lah tp setelah baca artikel yg membalas antivaksin td dari dokter piprim sy jd yakin dan tidak lg khawatir Deo dikasi vaksin imunisasi. Kemarin sy ktmu Nike, kakak Dinda. Nike bilang ada anak tetangganya yg kena campak sampai meninggal dunia. Innalillahi. Wallahu'alam apakah mmg kebetulan belum di vaksin apa mmg daya tahan tubuh bayi sdg turun. Saya sangat bersyukur Deo skg sudah sembuh dsn jalannya sdh lancar sekali. Sudah bisa diajak main petak umpet loohhh. Deo plg suka main petak umpet. Mamanya ngumpet di belakang pintu .. ciiluukk baaa!!!! Langsung ketawa ketiwi dehhh. sehat selalu ya Hideo Abdul Jabbar Sulaiman. Jam 11 malam abi baru plg dan sy bangun utk solat isa (he3 telat gara2 nenenin n jam jaga Deo sampe ketiduran). Trus makan nasi n gulai ayam plus sayur bayam ben asinya full tank. He3. Truss truss nton firewall di cinemax..nton sebentar ahh salah satu aktor lihay Harrison Ford. Filmnya seru. Harrison berperan sbg seorg ayah dg 2 org anak. Istri n anaknya diculik blablabla. Seru dehh. Sebelum tidur makan roti susu ditutup energen vanilla. Dunia ini indahhhh. Makan banyak tp badan ga melar. Inilah salah satu bukti Kekuasaan Alloh. Sy sdg menyusui dan belum menstruasi sejak melahirkan jd ga perlu pasang kb. Dikasi kb alami dari Alloh. Tidooorr yuk ahhh. Sleep tight. Berdoa dan bersyukurlah sebelum kita tidur dan jumpa lg besok. Hari sabtu rencana masak seperangkat nasi kuning. Jadi besok jum'at nyicil beli ayam buat diungkeb, beli kentang n hati sapi buat sambal goreng kentang n tempe buat dimasak kering tempe. Jd hari sabtunya tinggal masak nasi kuning, goreng ayam dan perkedel plus dadar telur. Ga usah bikin urap ahh cape, kasih timun aja. So siiapp buat hari esookk. Siiaaaap donkk. In sya Alloh



Memberikan hideo asi adl anugerah terindah-Mu Yaa Alloh

Alhamdulillah sampai Hideo saat ini menginjak 15 bulan Alloh masih memberikan anugerah terbesar yaitu asi. Sempet galau jg kemarin gara2nya abi nya deo berencana ingin menambah sufor dg alasan deo makannya sedikit. Tapi rencana itu sy kalahkan dg berbagai argumen. Sy kan ga pro sufor. Aduuuh jgn sampe deh dikasi sufor. Thanks ya Vindhy, bener lho artikelnya terbukti. Kalo buah hati kita dikasi asi sakit jarang dan klopun sakit hanya sebentaran aja. Semoga lulus menyusui sampai hideo 24bulan, dan untuk 1 ato 2 adik hideo lg...amin Yaa Alloh

SI di Tahun Kedua, Tetap yang Terbaik
Ternyatamasihbanyak ibu yang meragukan kehebatanASInya setelahusia sang bayi > 1 tahun. Sekalipundi kalangan ibu-ibu well-educatedbanyak loh yang percayadengan mitos bahwa ASI setelah1 tahunsudahjelek. Belum lagi gempurandari iklan susuformulayang begitu gencar. Ada susuA 1+, ada susuB 1,2,3 dan sebagainyayang diperuntukkanuntuk anak-anak di atas usia 1 tahun.
Lihat saja betapapintar dan lucunya si 1 tahun yang ditampilkandalam iklan produk-produk susutersebut,membuatpara ibu tidak percayadiri dengan ASI-nya dan memilihberalihatau menambah-nya dengan susuformula.
Di tahunkedua walaupunsudahtidak menjadi makananutamabagi bayi, ASI tetaplah yang terbaikdi antara seribusatumacamsusuformula. Tidak percaya?? , coba simak artikelkerendi bawah ini dari hanyawanita.com:
Manfaat Besar ASI di Tahun Kedua
Anda suksesmenyusuieksklusifuntuk buahhati selamaenam bulan dan meneruskannyahinggasi kecilberusia satutahun. Setelah itu Anda merasa cukup dan akan menyapihnyaalias menggantikan ASI dengan susuformula. Sebaiknya tundadulu keinginanini karenapemberianASI di tahunkedua kehidupanbayi memberimanfaat ekstra.
Saat menginjaktahunkedua, kemampuanbayi berkembang,sepertimerangkakatau belajar berjalan dan memasukkansegalasesuatuke mulutnya.Akibatnya,bayi akan mudah mengalami infeksi penyakit.Makanya, disarankanibu tetap menyusuibayi setelahulang tahunnyayang pertama untuk mempertahankankekebalan tubuhnyaterhadapseranganvirus dan bakteri penyebabpenyakit.
UNICEF merekomendasikanselainpemberian makananbergizi seimbangdan imunisasi,bayi usia 12-24 bulan disusuiseseringmungkin.Tentu ada alasan kuat kenapapara ibu diimbau untuk menyusuibayinya memasukitahunkedua. Berikut manfaatnya:
1. ASI di tahunkedua kandunganfaktor imunitasnyameningkat
Penelitian menyebutkanzat antibodi tersedia dalam jumlahbesar pada ASI selamamasa menyusui. Tapi ternyatasebagianfaktor kekebalan dalam ASI konsentrasinyameningkatselama tahunkedua dan selamaprosespenyapihan (weaning).
2. Pemberian ASI setelahbayi 6 bulan cegah risikoalergi dan asma
Salah satucara terbaikmencegahalergi dan asma adalah menyusuieksklusifselamaenam bulan dan meneruskannyahinggasi kecilberusia 2 tahun. MemperpanjangpemberianASI berarti menundaselamamungkinbayi bersinggungan dengan zat penyebabalergi. ASI sendiri membantumempercepatpematanganlapisan pelindungdalam ususbayi, melapisiususbayi dan menghalangimasuknya molekul penyebabalergi ke dalam darah bayi sertamemberiperlindungan antiradang sehinggamenekanrisikoinfeksi pemicu alergi
3. ASI perkecilrisikosakitanak usia 16-30 bulan
AmericanAcademyof Family Physiciansmelihat anak-anak yang disapihsebelumusia dua tahun meningkatrisikonya(AAFP 2001). Penelitian lain menyebutkananak usia 16-30 bulan yang disusui lebihjarang sakit,kalaupun sakitmaka sakitnya lebihsingkatdibandinganak sebaya yang tidak disusui
4. ASI dibutuhkananak yang sakit
UNICEF merekomendasikananak di bawah tiga tahunyang sakitagar diberi ASI, karenaASI merupakanmakananbergizi yang palingmudah dicerna saat si kecilkehilangannafsu makan
5. ASI di tahunkedua lebihkaya nutrisi
Penelitian dr. Dror Mandel, dkk, menyatakanASI dari ibu yang menyusuilebihdari satutahun kandunganlemak dan energinyameningkat dibandingASI dari ibu yang menyusuilebih singkat
6. ASI di tahunkedua sumberlemak dan vitamin A tak tergantikan
Berdasar penelitianAdelheidW. Onyango dkk menyimpulkanASI merupakansumberlemak dan vitamin A yang tak tergantikanoleh makanan sapihanapapun
Nah, makinmantap kan memberiASI hinggabuah hati berusia 2 tahun?
Dan biar lebihmantap lagi, ini kusertakan kandunganASI ditahunkedua yang dikutip dari
tulisan Mbak Luluk di blogpribadinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan) setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhananak :
29% dari kebutuhanenerginya
43% dari kebutuhanproteinnya
36% dari kebutuhankalsiumnya
75% dari kebutuhanvitamin A
76% dari kebutuhanfolatnya
94% dari kebutuhanvitamin B-12
60% dari kebutuhanvitamin C
So…,
Keep Breastfeeding

Friday, October 24, 2014

1 tahun sudah .... ahh tak terasa

Alhamdulillah berkat kecanggihan teknologi samsung dan tersedianya fitur IE jadi bisa ngeblog langsung disini ga usah buka2 laptop abi. Sebetulnya ni samsung udah 1th lebih tp kemarin2 ga bisa buka blog pake opera jadilah sy iseng buka di IE dan Alhamdulillah berhasil. Yeeaaahhh.

Satu tahun sudah sy merawat hideo dari yg tadibya hanya tidur, berdiri sampai bisa jalan...1 langkah, dua langkah. Mashaalloh. Betapa bersyukurnya Alloh mengizinkan sy untuk merawat anak sy sendiri. Melihat perkembanganya bertambah. Ahh sekarang hideo sudah 13 bulan. Sudah ga mau makan bubur. Maunya nasi. Sudah ga mau naik stoller, sudah banyak pula kepandaiannya. Trimakasih yaa Alloh...syukurku pada-Mu tak berujung.

Sudah 2 hari ini hideo makan nasi. Jadi kalo disuapin bubur sudah bisa bilang no no nooo mama ha3. Jadilah mamanya dibuat bingung berfikir menu apa yg harus sybuat untuk hideo besok? Phhhfff..... nasi uduk mau, nasi tim ayam mau. Ga usah ngung bingunglah, semangat aje yee biar rajin baca n belajar berkreasi jd chefnya hideo. Hihiiii.
By the way sebetulnya jam menunjukkan 00.25 am lhooh tp blm tdr dr td jd blm bisa solat tahajud. Nantilah bangun lg sekalian baca al-quran. Jangan males baca al-wuran coz skg udah jd ibu, harus banyak tahajud, ngaji. Doakan suami dan anak jg. Smg bisa semakin bertambah, amin3x.

Pic 1 : hideo ikutan ngaji ma kakek Tasikmalaya.
Pic 2 : berenang asiik sama nabil n fahrez di apartemen aston kuningan
Pic 3 : ikut abi jogging ke senayan
Pic 4 : acara belanja bulanan di lottemart kuningan city
Pic 5 : jali-jali di kota kasablangka (kokas)










my style






Wednesday, August 13, 2014

Liburan Lebaran di kampung halaman

Alhamdulillah Lebaran tahun ini sudah ada anggota keluarga baru, dede Hideo. Tanggal 26 Juli kami bertiga terbang dari bandara Soekarno Hatta dengan jadwal penerbangan jam 17.50. Karena penerbangan dengan Garuda sudah full terpaksalah kami menggunakan jasa Lionair. Lebaran H-1 ternyata dokumen jadwal penerbangan kacau balau sehingga penerbangan tidak sesuai dengan jadwal. Penumpang naik pesawat jam 6 namun hingga jam 19.30 pesawat masih belum juga terbang. Huuuuhhh panas, mana belum buka puasa mana dede udah waktunya tidur jadinya dede rewel karena lapar dan ngantuk dan suasana yg sangat tidak nyaman. Mas Yadi sampai maju bicara dengan kru pesawat, alasan ini lah itulah. Seru dehh semua kru pesawat kena damprat para penumpang krn sampai jam 8 pesawat masih ngendon disono. Ternyata semua penumpang diperintah untuk kembali ke gate 4 untuk menunggu ganti pesawat. Yaa Alloh... mau sampai di Boyolali jam berapa ini. Kemudian jam 22.00 semua penumpang kembali naik pesawat dan dapat diterbangkan dengan selamat tiba di lanud adi soemarmo jam 22.50. Pilotnya ngebut euy. Aduuhhh bukanyya kapok naik lion tapi beneran dehh kagak mau lagiii kalau masih ada mbk sri ama garuda n citylink. aja. Sampai di rumah Ibu, Boyolali jam 12 malam kurang. Alhamdulillah akhirnya bisa selonjoran uppss bisa sungkem ama ibunda tercinta. Di Boyolali 5 hari 4 malam dan di Tasikmalaya 5 hari 4 malam. 
Dede Hideo seneng banget ketemu eyanknya. Bisa ketemu eyank putri, eyank tin, eyank atik, eyank wanti....wahhh eyanknya banyak he3. Hari Minggu waktunya ke pasar karena suami request lengko ala tasik. Jadilah saya belanja daging, babat n kulit n perangkat bumbunya. Alhamdulillah berhasil. Ibu sendiri sudah pesan opor ayam dan sambal goreng krecek dan lontong. Oya Lebaran kali ini ada tante tin jg jadinya tambah rame dan asyiik. Sudah 2 kali Lebaran saya absen untuk solat ied, tahun kemarin hamil besar, beser dan rasanya gak dan untuk tahun ini ada dede hideo jadi ora iso ikut. Selesai makan opor barulah ibu dan Mas Yadi datang dari solat ied, acara sungkem. Kayak anak tunggal aja yaa, padahal kaka saya 3 tiga tapi hanya saya yang bisa pulang ketemu ibu. Bahagia rasanya bisa pulang nemenin lebaran Ibu karena sudah 2 tahun absen. Hari kamis lanjut perjalanan Solo Balapan to Tasikmalaya naik kereta api tut tut tut lodaya executive, harganya Rp 250.000 murmer kan? Sangat bersahabat. Sampai di tasik juga on time. Puas deh pakai jasa kereta api  indonesia.